Search In Rshad's Blog

Kamis, 21 Mei 2009

Anda Menderita GERD?


Sakit perut dengan gejala seperti mag belum tentu mag. Bisa jadi itu tanda-tanda GERD.
Gastroesophageal reflux disease (GERD), Gastro-oesophageal reflux disease(GORD), Gastric reflux disease , or Acid reflux disease is defined as chronic symptoms or mucosal damage produced by the abnormal reflux in the esophagus

This is commonly due to transient or permanent changes in the barrier between the esophagus and the stomach. This can be due to incompetence of the lower esophageal sphincter, transient lower esophageal sphincter relaxation, impaired expulsion of gastric reflux from the esophagus, or a hiatus hernia. If the reflux reaches the throat, it is called laryngopharyngeal reflux disease.

Mungkin anda belum familiar dengan nama atau penjelasan diatas. jika disimpulkan, GERD
adalah penyakit karena aliran balik asam lambung ke kerongkongan yang gejala2nya dapat mengganggu hingga berpotensi terjadi komplikasi
.
Gejala2 yang ditunjukkan oleh GERD ini sangat mirip dengan dengan mag yanfg membuat kebanyakan orang salah mengira GERD dengan penyakit lambung lainnya. Adapun gejala utama dari GERD antara lain :
  • Rasa terbakar di bagian belakang tulang selama beberapa kali dalam satu minggu
  • Pilek tidak sembuh2
  • Batuk kronis, terutama malam hari
  • Luka di mulut
  • Sendawa
  • Mulut terasa pahit
  • Mual
  • Kembung
  • Cepat kenyang
  • Nyeri ulu hati
  • Rasa sulit menelan makanan
Komplikasi yang ditimbulkan GERD juga mengarah ke kanker, biasanya disertai dengan gejala penurunan berat badan yang drastis, wajah pucat tanpa sebab, muntah darah, dan buang air besar berwarna kehitaman.

RESIKO


Obesitas, konsumsi alkohol, kopi, rokok, stres, dan kebiasaaan tidur terlentang, merupakan faktor resiko penyebab terjadinya GERD. Ketika orang mengalami stress otak akan langsung memerintahkan lambung untuk memproduksi asam hingga membanjiri lambung.

Tidur dengan posisi terlentang pun dapat memicu penyakit GERD, karena ketika tidur terlentang cairan asam lambung dapat naik dan menuju kerongkongan. Tidur miring ke samping atau menggunakan bantal hingga membuat sudut 45 derajat keatas lebih aman, karena gravitasi akan membuar cairan turun ke bawah.

PENANGANAN

untuk pencegahan penyakit, masyarakat harus mengubal pola hidup dengan perbaikan konsumsi asupan yang seimbang. Perbanyak makan sayuran dan buah sebagai salah satu langkah awal pencegahan GERD. Selain itu, banyak berolahraga, manajemen stress juga sangat membantu.

Karena dapat menimbulkan kerusakan pada organ tubuh seperti telinga, gigi, dan paru-paru, GERD perlu ditangani secara tepat. Cara2nya biasanya dengan obat dosis kuat untuk mencegah produksi asam lambung.

selain itu, GERD juga memerlukan pemeriksaan penunjang untuk kepentingan diagnosa seperti endoskopi dan rontgen. Hal terpenting dari penatalaksanaan GERD dengan tepat adalah mencegah terjadinya komplikasi.

Taken From Republika, 19 May 2009
==================================================================
Author's Comments:

kmaren2 pas lagi ngerjain TA, sempet sakit yang beginian. Karena disangka sakit MAAG biasa, jadi g begitu digubris, tapinya sakitnya lama banget hampir seminggu harus tidur miring di kasur.

Setelah di cek ke Boromeus, ktanya g knapa2, hasil diagnosa darah juga g nunjukin tanda2 sakit kronis, dan disimpulin sama dokternya "o, mungkin infeksi lambung".

Dan selama seminggu itu juga g makan sambel2an, dan banyak makan buah2an. Juga minum obat MAAG, kmaren pake PLANTACID FORTE, karena pake mylanta2 gitu udah g mempan..

Tidak ada komentar: