Search In Rshad's Blog

Kamis, 21 Januari 2010

Indonesia = produk

Sometimes gw suka mikir tentang negeri ini, negeri dengan julukan si jamrud khatulistiwa ini nyimpen potensi alam yang sangat luar biasa.

Tapi kadang ge juga berfikir, apakah pemerintah yang berkuasa emang manfaatin kekayaan alamnya buat ngejual negeri ini juga? well, sampe sekarang pun gw masih bingung akan hal ini

Kadang gw juga pernah berfikir tentang negeri ini ibarat produk, produk barang, investasi, atau apapun lah businessman menyebutnya. Knapa? Ya emang kekayaan alam kita sekarang (nyadar ato ngga) emang lagi dikuras habis buat kata-kata yang bernama "ekspor".

Coba aja liat kekayaan alam apa sih yang masih tersisa? Dan akan berapa lama lagi itu akan bertahan?

Pernah tau gambar ini??



Ini adalah diagram sasaran suatu produk, disana dijabarkan ada 3 yaitu core, follower dan aspiran

Core
Core adalah konsumen utama/sasaran utama produk dibuat. Kalo diibaratin BB, maka ini adalah businessman yang butuh akses realtime untuk melihat perkembangan pasar, atau eksekutif untuk berhubungan secara langsung dan cepat dengan relasi mereka.

nah kalo negara kita? bisa diibaratin juga segmen ini untuk kaum investor asing atau investor dalam neger (tapi kebanyakan si asing) buat nanam investasinya di indonesia, dan di iming-imingin rate yang tinggi..

Follower
Follower adalah konsumen yang cuma ikut-ikutan aja buat nikmatin produk itu. Kalo diibaratin lagi BB, yaah segmen ini sih anak-anak gaol yang mau keliatan eksis lah.

kalo Indonesia? mungkin bisa jadi untuk orang-orang yang punya duit menengah keatas kali ya, secara investasi buat tanah sangat digandrungi banget di negara ini sampe akhirnya yang g punya tanah malah g bisa tinggal dimana-mana..

Aspiran
Aspiran adalah konsumen low end yang hobinya cuap-cuap doang tapi ngga ngegunain juga, kalo balik ke BB segmen ginian mah cuma gaya doang, beli BB tapi fitur BB servicenya kaga di aktifin. Cuma buat jaga gengsi doang..

Balik ke Indonesia, nah inilah segmen pribumi yang secara g langsung dia memberdayakan hasil kekayaan indonesia tapi ngga pernah menikmatinya akibat pemerintah yang "don't care". Akibatnya banyak yang masih kelaparan, kesusahan keuangan, di negara kita yang kaya raya ini.

saya punya cerita ada orang arab ke indonesia dan kayanya "wah" ngeliat negeri kita, sampe nyerita "cuma 2 hal yang g ada di Indonesia : kurma sama dinosaurus". Mungkin maksudnya karena negara kita saking kayanya, jadi semua ada disni kecuali dua hal itu kali yak..



Terlebih pasca pemberlakuan AFTA sekarang, dimana barang-barang negara eksportir seperti cina bisa bebas masuk ke negara kita, lama kelamaan negara kita bakal jadi hanya negara pengimpor aja.

Kenapa? Karena pemerintah cina prinsipnya akan menjalankan kebijakan moneternya untuk mem bail out semua industri di cina agar tetap berproduksi. Meskipun itu pada saat krisis sekalipun.

Nah hasil produksinya pasti banyak kan? cina bakal tetap nge expor hasilnya bahkan secara gratis. Hasilnya, semua negara yang pake produk cina bakal ngambilin terus, dan produksi d negara tersebut g maju..

Inget GDP? Nah GDP kan dipengaruhi juga oleh salah satunya pertumbuhan ekonomi produsen. Kalo produsennya g memproduksi, dan kbanykan cuma ngejualin barang doang, GDP kita pasti ancur-ancuran. Padahal GDP sendiri adalah tolak ukur kesehatan suatu negara.

so, what we can do?

1. Investasi
Start investasi di negeri sendiri, dan lebih baik lagi kalo investasinya langsung dalam bentuk riil perusahaan.
Perbankan pun sekarang sangat mengarah ke arah tersebut, karena itu emang moral bank dimana bank sekarang ini emang lagi gencar-gencarnya ikut membiayai sektor riil

2. 100% Indonesia
Cintai produk dalam negeri, disinyalir bakal dapet ngeruntuhin produk-produk hasil FTA tersebut. Emang produk dalam negeri agak sedikit mahal, tapi setidaknya dengan menjunjung tinggi produk dalam negeri, kita bisa memajukan negeri ini

gw pernah diceritain sama supir salah satu travel jakarta-bandung, dan gw g nyangka banget tentang ceritanya. Beliau dulunya bekerja di PT. dirgantara untuk fire man, dan ikut training diluar banyak banget, dari mulai singapore sampe ke london.
Suatu saat dia ketemu sama orang dari jepang pas dia training d singapore, japanese tsb nanyain dan heran ketika orang-orang indonesia pada sukanya belanja ke singapore, menurutnya kalo di jepang ada barang yang dipake tapi berlabel luar negeri dia bakal dipertanyakan banget, jangankan bergaul sama orang bahkan bikin KTP aja sampe disusahin segala. that's why jepang jadi maju, dan orang-orang didalemnya solid banget..

kita cinta indonesia, ayo maju indonesiaku..

Tidak ada komentar: